Ayo Segera Lindungi Perempuan dan Anak dari HIV dan AIDS



AYO SEGERA LINDUNGI PEREMPUAN DAN ANAK DARI HiV dan AIDS.

Abang None, penanggulangan HIV/AIDS merupakan salah satu target dalam Millenium Development Goals (MDGs) yang belum dapat tercapai dengan penularan yang masih terjadi dan ada pergeseran penularan dari penggunaan jarum suntik narkoba menjadi hubungan seks. "Saat ini penggunaan kondom menurun sementara orang dengan seks berisiko meningkat," hal eni yg dibilang Menkes Nafsiah mboi kpda bensradio jelang hari AIDS 2012.

Pada 2012, pola penularan tertinggi yaitu melalui transmisi seksual sebesar 81,8 persen diikuti oleh penularan akibat penggunaan alat suntik tidak steril sebesar 12,4 persen.Berdasarkan jenis kelamin, penderita kasus AIDS adalah 61,8 persen laki-laki dan 38,1 persen perempuan dan terjadi peningkatan jumlah kasus HIV dan AIDS pada perempuan yang tidak berperilaku seksual beresiko tinggi namun tertular dari pasangan tetapnya (suami) yang berperilaku seksual beresiko tinggi amat memprihatinkan.

Menkes memaparkan kerentanan perempuan terhadap HIV lebih banyak disebabkan ketimpangan gender yang berakibat pada ketidakmampuan perempuan untuk mengontrol perilaku seksual atau menyuntik narkoba dari suami atau pasangan tetapnya.

"Laki-laki itu penentu, mau pakai kondom atau tidak. Posisi tawar perempuan sangat rendah untuk ini. Ini masalah ketimpangan gender,"kata Menkes.
Selain entu Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menegaskan tidak memiliki toleransi terhadap stigma yang diberikan kepada penderita HIV/AIDS terutama yang dilakukan oleh petugas kesehatan di manapun.

Katanya dirinye `zero tolerance` kepada stigma. Kalau ada petugas kesehatan yang masih melakukan ini, segera beritahu kemenkes, dan akan segera diberi tindakan," kata Menkes dalam temu media di Kementerian Kesehatan, Jakarta, jelang hari AIDS 2012. Dan dalam peringatan Hari AIDS Sedunia 2012, Kementerian Kesehatan mengangkat tema "Lindungi Perempuan dan Anak dari HIV dan AIDS" serta menyosialisasikan slogan "Stop AIDS melalui Kesetaraan Gender untuk Menghapus Segala Bentuk Stigma dan Diskriminasi"-  


(Aldin Redaksi Bens)
Tags: , , ,

0 komentar

Leave a Reply